CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 24 April 2008

PENGENALAN WEB

PENGENALAN WEB

WWW (World Wide Web)
Merupakan hubungan antara dokumen dan server http di seluruh dunia. Dokumen yang ada dalam www dekenal sebagai halaman web, yang ditulis menggunakan bahasa HTML.
Halaman web identik dengan suatu alamat di internet yang biasa dinamakan URL (Uniform Resource Locator). Alamat ini menentukan nama komputer dan jalur yang dapat diakses, yang transmisinya dari satu titik ketitik lainnya.
Halaman web biasanya berisikan informasi berupa teks, gambar/image, grafic cuplikan film, game/permainan dan suara.
Pengunjung situs juga dapat mengambil data atau mendownloadnya serta mengirim pesan melalui email.
APA ITU "FTP"
Merupakan jasa pelayanan internet yang dapat digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke komputer lain melalui jaringan internet.
APA ITU URL
URL atau Uniform Resource Locators adalah data berisikan alamat Internet atau data, atau protokol yang digunakan untuk mengaksesnya.

Bentuk umu URL ialah http:// yang berisikan alamat internet dari suatu halaman web. bentuk lain dari URL: gopher:// (berisikan alamat internet direktori gopher), dan ftp:// berisikan lokasi jaringan dari sumber FTP)

APA ITU WWW
Pada awalanya internet adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghubungkan para ilmuan dan peneliti di Amerika, namun ini telah tumbuh menjadi media komunikasi global yang dipakai semua orang di muka bumi. Pertumbuhan ini membawa beberapa masalah penting mendasar, diantaranya kenyataan bahwa internet tidak diciptakan pada jaman Gaphical User Interface (GUI) seperti saat ini, Internet dimulai pada masa dimana orang masih menggunakan alat-alat akses yang tidak user-friendly yaitu terminal berbasis teks serta perintah-perintah command line yang panjang-panjang serta sukar diingat, sangat berbeda dengan komputer dewasa ini yang menggunakan klik tombol mouse pada layar grafik berwarna.
Kemudian orang berpikir untuk membuat sesuatu yang lebih baik. Popularitas Internet mulai berkembang pesat seperti jamur di musim penghujan setelah standar baru yaitu HTTP dan HTML diperkenalkan kepada masyarakat. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) membuat pengaksesan informasi melalui protokol TCP/IP menjadi lebih mudah dari sebelumnya. HTML (Hyper Text Markup Language) memungkinkan orang menyajikan informasi yang secara visual lebih menarik. Pemunculan HTTP dan HTML kemudian membuat orang mengenal istilah baru dalam internet yang sekarang menjadi populer, bahkan sedemikian populernya sehingga sering dianggap identik dengan internet itu sendiri, yaitu World Wide Web (WWW).
Pada prinsipnya World Wide Web (singkatannya cukup disebut "web" saja) bekerja dengan cara menampilkan file-file HTML yang berasal dari server web pada program client khusus, yairu browser web. Program browser pada client mengirimkan permintaan (request) kepada server web, yang kemudian akan dikirimkan oleh server dalam bentuk HTML. File HTML berisi intruksi-intruksi yang diperlukan untuk membentuk tampilan. Perintah-perintah HTML ini kemudian diterjemahkan oleh browser web sehingga isi informasinya dapat ditampilkan secara visual kepada pengguna di layar komputer.

World Wide Web yg lebih umum disebut web, merupakan suatu media penyajian informasi yg tertuang dlm bentuk dokumen, yg mempunyai referensi & link, halaman depan web disebut Homepage. web dpt dinikmati melalui browser yg terhubung ke internet, informsinya disebut dg HTML.HTML memerlukan software atau aplikasi tetertentu yg dikenal dg HTML Editor berfungsi untuk menerjemahkan HTML mjd tampilan web yg dpt dilihat oleh pemakai internet.

ISTILAH_ISTILAH DALAM INTERNET
Bug
Kesalahan (error) pada software atau hardware yang menyebabkan sebuah program tidak dapat berjalan secara sempurna. Seringkali bug ini disebabkan adanya konflik antara dua program yang dijalankan secara bersamaan. Jika bug ditemukan pada software, maka dapat diatasi dengan mengganti program. Namun, jika ditemukan pada hardware, maka harus diganti dengan alat baru.
Ciphertext
Teks yang sudah tersandikan dan tidak mudah terbaca dari hasil proses enkripsi.
Command-driven
Sebuah program yang menerima perintah sesuai dengan yang diketikkan.
Cracker
Orang yang ahli dalam memasuki suatu sistem komputer. Istilah ini mulai digunakan di pertengahan 1980-an oleh para hacker untuk membedakan diri mereka dari orang-orang yang secara diam-diam masuk ke dalam suatu sistem komputer.
CSTA (Computer Supported Telephony Application
Standar internasional untuk penghubung antara server jaringan dan switch telepon (PBX). Diprakarsai oleh Asosiasi Pembuat Komputer Eropa (ECMA).
Defacement
Sering disebut Web Defacement atau Website Defacement, merupakan bentuk dari pengrusakan terhadap suatu situs, bahkan seringkali sangat merusak (termasuk vandalisme). Biasanya berupa penggantian isi suatu situs dengan pesan yang spesifik, misalnya berupa pesan politik atau sosial yang mengganggu dan mengubah situs asli.
Doorway
Dikenal juga dengan istilah doorway page, jump page, entry page atau bridge page. Sebuah halaman web yang khusus digunakan untuk memperoleh posisi teratas dalam pencarian lewat search engine.
Dynamic DNS
Kependekan dari Dynamic Domain System Name, sebuah metode yang menjaga sebuah domain name tetap terhubung dengan IP address yang berubah-ubah.
E-mail client
Software yang digunakan untuk mengelola e-mail. Contohnya: Outlook Express, Eudora, The Bar, Thunderbird, dan sebagainya.
E-mail Forwarding
Proses untuk meneeruskan pesan e-mail ke alamat e-mail lain. Misalnya, jika Anda mengirim e-mail ke alamat A, maka dengan setting (pengaturan tertentu), e-mail ini bisa diteruskan ke alamat e-mail B, dan seterusnya.
Encryption
Proses untukmengubah sebuah pesan atau informasi sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan kunci pembuka. Sebuah pesan dalam bentuk plaintext diubah dengan encryption menjadi ciphertext. Proses sebaliknya, untuk mengembalikan ciphertext ke plaintext disebut decryption,
Hacker
Orang yang sangat antusias dan menikmati bahasa pemrograman, sistem komputer, dan bisa dibilang seorang yang ahli di bidang itu.
Mail Server
Server atau lokasi tertentu di Internet yang digunakan untuk menyimpan pesan-pesan e-mail untuk account atau domain tertentu. Jika Anda mengecek e-mail melalui webmail, maka Anda akan dapat mengakses e-mail Anda yang masih tersimpan di mail server. Namun jika Anda mengecek e-mail dengan e-mail client, maka e-mail-e-mail Anda akan di-download dari mail server ke komputer pribadi Anda.
Message Rules atau Message Filter
Sebuah fitur pada program e-mail yang memungkinkan Anda mengatur penempatan pesan-pesan e-mail yang masuk. Misalnya, Anda bisa membuat rule/filter tertentu sehingga semua pesan yang datang dari ISP tertentu dimasukkan ke folder "ISP-ku", dan seterusnya.
Repository
Database berupa informasi yang berisi aplikasi software, data elemen, author, data masuk, proses, input, dan interrelationship. Dipergunakan dalam sistem aplikasi yang didesain untuk mengidentifikasi obyek berupa data yang dapat dipakai kembali berdasarkan sistem yang diaplikasikan pada repository ini.
Router
Sebuah alat yang berfungsi untuk mengirim paket data melalui jaringan. Sebuah router paling tidak terikat pada dua jaringan, LAN dan WAN, atau LAN dan jaringan dari ISP yang digunakan.
Signature
Salam penutup atau teks tertentu yang secara otomatis akan dilekatkan pada bagian akhir dari pesan e-mail Anda. Pada program e-mail Anda, Anda bisa mengatur apakah salam penutup ini akan otomatis ditampilkan pada setiap e-mail yang dikirim, atau cukup dicantumkan pada e-mail tertentu secara manual.
Smart phone
Telepon dengan fitur tambahan yang canggih, misalnya kemampuan untuk mengirim e-mail, akses ke Internet, kamera, dan perekam video, pemindai suara, dan lain-lain. Jenis telepon ini mulai marak sekitar tahun 1990-an.
Istilah-istilah dalam internet
1. Internet (interconnected network) : kumpulan jaringan computer yang saling
terhubung secara mendunia
2. Backbone : jaringan komunikasi kecepatan tinggi
3. ISP (internet service provider) : perusahaan penyedia jasa akses internet
4. Bandwidth : Jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka
waktu tertentu, satuan yang dipakai biasanya Mbps (mega bit per second)
5. Bps (bit per second) : ukuran kecepatan pengiriman data. Sering digunakan untuk
menggambarkan kecepatan modem. Biasanaya kecepatan modem 56000 bps
6. www (world wide web) : system hypermedia untuk mengakses/browsing berbagai
macam informasi
7. Browser : program yang dapat mengakses informasi di www. Contohnya internet
eksplorer, netscape navigator, netscape browser, opera, mozila, netcaptor, dll
8. HTTP (hypertext transfer protocol) : suatu cara dimana www ditransfer melalui
jaringan. Contohnya : http://www.sijiwae.net
9. HTML : program yang digunakan untuk menulis (membuat) halaman web di
internet
10. Chating : berbicara dalam internet dengan text atau ketikan secara interaktif
11. Email : surat elektronik yang dikirim melalui internet
12.Mailing List atau milis : fasilitas internet yang digunakan sebagai sarana bertukar
informasi dalam satu kelompok melalui email
13. Newsgroup : fasilitas internet yang digunakan sebagai ruang percakapan atau
forum bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama
14. Server (induk computer) : sebuah computer penyedia informasi/layanan
15. Client (anak suatu jaringan) : computer yang menggunakan jasa dari computer
lain atau server
16.Modem (modulator demodulator) : alat untuk mengubah sinyal digital menjadi
sinyal analog
17.Wifi (wireless fidelity) : teknologi tanpa kabel (nirkabel) yang menggunakan
frekuensi tinggi yang berada pada spectrum 2,4 GHz.
18. Hot spot : daerah yang terdapat sinyal wifi dengan kecepatan akses mencapai 11
Mbps, biasanya radiusnya mencapai 100 meter dari titik akses
19. Host : sebuah computer dalam internet
20. Hostname : nama dari sebuah computer dalam internet
21. Download : meng-copy file dari computer lain ke computer anda
22. Upload : mengirim file dari computer anda ke computer lain
23. Domain : bagian dari nama resmi alamat di internet. Contoh untuk address :
http://www.detik.com maka domainnya adalah detik.com
24. DNS (Domain name server) : computer server dalam internet yang mampu
menterjemahkan nama domain internet menjadi alamat numeric. Contohnya
telkom.net.id diterjemahkan menjadi 203.134.3.6
25. Home page : halaman pertama dari suatu alamat web. Home page biasanya berisi
untuk menghubungkan ke halaman-halaman lain
26.Website atau situs web: kumpulan dari halaman-halaman web yang tergabung
dalam dalam satu alamat
Nama domain (informasi) untuk pengelompokan
Org : situs organisasi
Int : situs badan dunia
Edu : situs pendidikan
Net : situs jaringan
Gov : situs pemerintahan
Com : situs komersial
Mil : situs militer
Kode domain untuk nama-nama Negara
Id : Indonesia
In : India
Au : Australia
De : jerman
Cn : cina
My : Malaysia
Uk : inggris
Us : amerika serikat
Sg : singapura
Beberapa ISP di Indonesia
1. Access net 7. Telkom,net
2. Angkasa net 8. Jogja Media net
3. Indo net 9. XL net
4. Indosat net 10. Metro net
5. CBN net 11. wawantara net
6. Idola net 12. Nusa net
Yang mempengaruhi kecepatan mengakses situs internet :
1. kecepatan akses ke server internet
2. jumlah pengakses internet dari ISP yang kita gunakan
3. Jumlah pengakses ke situs yang kita akses
Model Transmisi Digital Optik Isyarat Analog
Dengan Modulasi Delta
Abstrak
Makalah ini menjelaskan pembuatan model transmisi sinyal digital menggunakan modulasi delta. Model yang
dibangun terdiri dari bagian pemancar dan penerima. Komponen utama pada model ini adalah integrator yang
berfungsi mengubah rentetan pulsa digital menjadi sinyal tangga dengan lebar langkah tetap untuk setiap pulsa
high dan low. Hasil pengujian menunjukkan model mampu melakukan proses modulasi dan demodulasi sinyal
dengan baik dan mampu memperlihatkan kondisi slope overload. Step integrasi yang digunakan 0,4 volt dengan
frekuensi sampling 125 KHz.
Kata kunci : modulasi delta, integrator, slope overload
Abstract
This paper describes about making digital signal transmission model using delta modulation. Model that build
consist of transmiter and reciver side. Main part of this model is integrator which changing series digital pulse
into staircase signal with fixed step for every high and low pulse. Experiment result show that the model able to
do modulation and demodulation process well and could show the slope overload condition. Integration step
used is 0,4 volt with frequency sampling at 125 KHz
Keywords : delta modulation, integrator, slope overload

0 komentar: